SMKN 3 Sumbawa Besar

24 Siswa SMK Negeri 3 Sumbawa Besar menerima Sertifikat TOEIC melalui Program SMK English Challenge 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sumbawa Besar, 14 Desember 2020 – Dalam menghadapapi era industry 4.0, siswa-siswi SMK tidak hanya dibekali dengan keterampilan yang berkaitan dengan jurusannya, akan tetapi mereka juga dituntut untuk mahir dan terampil dalam berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Salah satu upaya pemerintah untuk mendorong hal tersebut, adalah dengan menyediakan program SMK English Challenge 2020 – Fasilitas Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi siswa SMK.

Program ini diluncurkan oleh pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) pada tahun 2016. Namun SMK Negeri 3 Sumbawa Besar baru mengikuti Program ini sejak tahun 2019.

Program ini merupakan program Nasional yang mendapatkan Animo cukup tinggi dari siswa SMK di seluruh Indonesia. Pada tahun ini, SMK Negeri 3 Sumbawa Besar melaksanakan test seleksi (Selection test) pada tanggal 29-30 September dan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII sebanyak 136 Siswa. Dari 136 siswa, yang lolos ke tahap test kedua sebanyak 24 siswa dan 2 orang guru. Ke-24 orang siswa ini-lah yang akan memperoleh sertifikat dari ITC TOEIC.

Dari 24 siswa tersebut, score tertinggi diraih oleh siswa XII BDP yang bernama Ilham Laraga dengan jumlah nilai 385. Sebagai bentuk apresiasi sekolah terhadap keberhasilan siswa tersebut, bapak Kepala sekolah, Nasrullah Darwis, S. Pd, M. Pd memberikan reward khusus kepada ananda Ilham Laraga.

Selain itu, Sertifikat yang diperoleh 24 orang siswa tersebut merupakan sertifikat yang berstandar Internasional yang dikeluarkan oleh ITC (International Test Center). Sertifikat ini bisa menjadi nilai tambah bagi siswa yg ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk berkompetisi di dunia kerja.

Viera TOEIC 2020 sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa –siswi SMK di seluruh Indonesia untuk meningkatkan skill & kemampuan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, program ini tidak hanya dirancang untuk menyiapkan siswa dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari, yang lebih utama adalah bagaimana siswa juga menguasai bahasa Inggris yang berstandar internasional yang dapat digunakan dalam dunia kerja dan industry.

Hal tersebut sangat relevan dengan kurikulum pembelajaran SMK dimana siswa diharapkan unggul dan terampil dalam bidang/jurusannya masing-masing serta mahir dalam berkomunikasi dengan bahasa asing.
Dengan adanya program VIERA TOEIC 2020 ini, siswa-siswi SMK Negeri 3 Sumbawa Besar diharapkan bisa meningkatkan wawasan dalam berbahasa serta efektif dalam berkomunikasi dengan native dan non-native bahasa Inggris sehingga mereka dapat mempersiapkan diri dan membuka peluang dalam berkompetisi di dunia kerja.

Tinggalkan komentar